Senin, 05 Oktober 2009

Cara Bisnis Bob Sadino

nih dia rahasia bisnis om Bob Sadino diantaranya adalah :
1. Tidak ada sukses yang instan/jalan pintas menuju kesuksesan.
2. Kesuksesan itu akibat dari seluruh kegagalan yang sudah terlewati.
3. Menjalani semuanya tanpa rencana karena yang penting adalah tetap melangkah.
4. Definisi sukses itu adalah relatif.

Pelajaran #1
Tidak ada sukses yang instan/jalan pintas menuju kesuksesan.

"Cara cepat jadi kaya", "Cara mudah menuju sukses", dan beberapa bahan jualan seminar motivasi atau pelatihan yang akhir2 ini mewabah tentu saja sering anda baca atau anda ikuti. Namun, seorang Om Bob Sadino sama sekali tidak percaya pada kata-kata tersebut, atau pada materi2 semunar/pelatihan tersebut.

"Itu omong kosong," lanjutnya.

Karena menurutnya, tidak ada sukses yang instan. Semuanya memerlukan waktu serta memerlukan effort yang lebih untuk mewujudkannya. Tidak serta merta bisa langsung 'cling' terwujud sebuah kesuksesan.

Bahkan ketika ada salah satu dari kita bertanya, "Kira2 ada gak jalan pintas untuk meraih kesuksesan?"

Maksud si penanya ni tentunya adalah meminta Om Bob bercerita langkah2 apa saja yang sudah ia lakukan hingga akhirnya bisa seperti sekarang.

Apa jawab Om Bob: "Kalian itu mau enaknya saja, tidak mau melewati proses yang seharusnya kalian lalui. Kalian ingin mendapatkan emas, tapi tidak ingin bersusah payah, bermandikan keringat, darah, dan cucuran air mata untuk mendapatkan emas yang kalian inginkan...!"

"Tidak ada sesuatu yang instan. Kalaupun saya ceritakan apa yang sudah saya lakukan, tentu saja hal itu belum tentu sama dengan problem2 yang pernah saya lalui..."

Degggggg.....! Jawaban Om Bob ini cukup menghantam pemikiran kita.

Intinya disini Om Bob ingin mengatakan. Jika kita ingin memperoleh emas idaman kita, maka kita harus siap untuk bersusah payah menambang, bermandikan keringat, darah, dan cucuran air mata, agar emas yang kita inginkan tersebut tetap bisa di raih. Semua itu adalah proses. Tidak ada sesuatu yang instan"

Pelajaran # 2
Kesuksesan itu akibat dari seluruh kegagalan yang sudah terlewati.
Pada poin ini ada korelasinya dengan kata2 yang dipopulerkan oleh Soichiro Honda. "Sukses itu hanya 1%, sedang 99% sisanya adalah kerja keras"

Begitu pula dengan Om Bob Sadino. Setiap orang sudah pasti akan terbentur pada sebuah kegagalan, apapun itu bentuknya. Namun untuk tetap ingin meraih kesuksesan, kegagalan tersebut harus kita lalui.

Kegagalan gukannya untuk dihindari, kegagalan justru harus dicintai, disayang-sayang, dipeluk-peluk, dibelai-belai. Jangan membenci atau menghindari kegagalan.

Jika "jatah" kegagalan kita sudah habis kita lalui, maka 1% kesuksesan itu barulah boleh kita nikmati.

Jadi, semakin cepat kita bertemu kegagalan dan semakin cepat kita bisa melalui kegagalan tersebut, artinya kita akan semakin dekat dengan kesuksesan. Janganlah takut pada kegagalan..!

Pelajaran # 3
Menjalani semuanya tanpa rencana karena yang penting adalah tetap melangkah.
"Apa rencana Om Bob selanjutnya?"

Apa jawabnya coba?

"Saya tidak memiliki rencana...!!"

Glodakkkkkkkk.......!!!!

"Saya tidak memiliki rencana, tapi saya akan terus melangkah, bukannya berhenti melangkah..!"

Mengapa tidak memiliki rencana. Alasannya sederhana, karena kita tidak tahu apapun yang akan terjadi selanjutnya, semenit, sejam, sehari, sebulan, setahun kedepan kita tidak pernah tahu. Tapi yang pasti saya tetap harus melangkah...!

Pelajaran # 4
Definisi sukses itu adalah relatif.
Kebanyakan dari kita mendefinisikan sukses itu adalah bergelimangan harta, kaya materi, serta bersifat kebendaan duniawi lainnya. Padahal sesungguhnya sukses itu adalah relatif.

Seseorang yang mampu menaklukkan ketakutannya untuk berbicara di depan orang banyak, atau orang yang mampu menyingkirkan rasa malu untuk berjualan/berdagang, itu adalah merupakan kesuksesan juga.

Jadi sukses itu tidak semata-mata bersifat kebendaan duniawi.

(Leo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar